Friday, April 10, 2020

KARYA NYATA PENDIDIK PAUD : Pembuatan Alat Permainan Edukatif Melalui Pendekatan Saintifik (BAGIAN 2)


BAB II
PEMBAHASAN

A.      METODE DAN PROSEDUR PELAKSANAAN
1.         InovasiMetode
MAKAN PEPAYA merupakan pemanfaatan kekayaan alam sebagai alat permainan edukatif melalui pencarian, pengamatan, ajukan pertanyaan dan amalkan. Sedangkan kata “YUK”adalah ajakan kepada pendidik untuk melaksanakan dan memanfaatkan kekayaan alam sebagai alat permainan edukatif yang sarat akan muatan lokal. Dalam penerapannya, penulis mencoba memfokuskan pada pemanfaatan pohon pepaya sebagai alat permainan edukatif. Adapun inovasi-inovasi yang bisa dikembangkan dalammembuat alat permainan edukatif pada bagian-bagian pohon pepaya, antara lain:
1)        Pohon pepaya sebagai alat pengenalan ciptaan Tuhan yang memiliki banyak manfaat.
2)        Daun pepaya digunakan sebagai alatpewarna
3)        Tangkai Pepaya digunakan sebagaialat pengecap, meronce dan mengenal angka serta huruf
4)        Buah dan biji pepaya dijadikan sebagai media pengenal rasa, membedakan warna, dan memahami konsep besar kecil dan kasar halus.
5)        Limbah pepaya dimanfaatkan sebagai alat pengenalan sampah.

2.         Prosedur Kegiatan dan Penerapan MAKAN PEPAYA YUK!
Sebagaimana yang telah dikemukakan di atas, penulisan karya nyata ini penulis memfokuskan pada manfaat pohon pepaya sebagai alat permainan edukatif yang produktif. Sehingga,MAKAN PEPAYA YUK! tidak terlepas dari kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidikPAUD Al Madina baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor).Adapun penerapannya sebagai berikut:
a.        Prosedur Kegiatan
1)   Pendahuluan
Pendidik melakukan apersepsi berupa uraianrasa syukur akan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Anak – anak diajak untuk berfikir bersama tentang manfaat dan kegunaan media yang akan kita pelajari bersama saat akan melaksanakan observasi.
2)   Pencarian
Anak usia dini dan pendidik bersama-sama mencari bahan atau media yang akan digunakan sebagai alat permainan edukatif.
3)   Pengamatan

Setelah anak usia dini menemukan bahan yang akan digunakan sebagai alat permainan edukatif, maka pendidik menginstruksikan kepada anak usia dini untuk mengamati obyek yang telah ditemukan.

4)   Ajukan Pertanyaan

Ketika pengamatan berlangsung, pendidik dan anak usia dini saling berkomunikasi dan berinteraksi sehingga akan muncul pertanyaan dari anak usia dini maupun pendidik.

Setelah melakukan runtutan sesuai yang tertera di atas, kegiatan yang dilakukan selanjutnya adalah “mengamalkan”. Kegiatan itu berupa kegiatan penerapan yang telah direncanakan oleh pendidik atau disepakati bersama saat melakukan observasi. Dalam hal ini, penulis akan mengangkat kegiatan berupa pemanfaatan pohon pepaya sebagai alat permainan edukatif yang produktif.
  



1 comment:

  1. VeeCake - The Videoodl - IGC
    VeeCake - youtube to mp3 downloader The Videoodl - IGC: Video of the Day. Watch videos of the day on VeeCake, the world's best animated videos and videos of the day.

    ReplyDelete

Pemilihan Presiden 2024

 Saat ini sedang gencar pemilihan presiden 2024. Ketiga pasangan calon telah menyelesaikan debat terakhirnya. Siapa yang akan anda pilih?