BAB II
PEMBAHASAN
A.
METODE DAN PROSEDUR PELAKSANAAN
1.
InovasiMetode
MAKAN PEPAYA merupakan pemanfaatan kekayaan alam sebagai
alat permainan edukatif melalui pencarian, pengamatan, ajukan pertanyaan dan
amalkan. Sedangkan kata “YUK”adalah
ajakan kepada pendidik untuk melaksanakan dan memanfaatkan kekayaan alam
sebagai alat permainan edukatif yang sarat akan muatan lokal. Dalam
penerapannya, penulis mencoba memfokuskan pada pemanfaatan pohon pepaya sebagai
alat permainan edukatif. Adapun inovasi-inovasi yang bisa dikembangkan
dalammembuat alat permainan edukatif pada bagian-bagian pohon pepaya, antara
lain:
1)
Pohon
pepaya sebagai alat pengenalan ciptaan Tuhan yang memiliki banyak manfaat.
2)
Daun
pepaya digunakan sebagai alatpewarna
3)
Tangkai
Pepaya digunakan sebagaialat pengecap, meronce dan mengenal angka serta huruf
4)
Buah dan
biji pepaya dijadikan sebagai media pengenal rasa, membedakan warna, dan
memahami konsep besar kecil dan kasar halus.
5)
Limbah
pepaya dimanfaatkan sebagai alat pengenalan sampah.
2.
Prosedur
Kegiatan dan Penerapan MAKAN
PEPAYA YUK!
Sebagaimana yang telah dikemukakan di atas,
penulisan karya nyata ini penulis memfokuskan pada manfaat pohon pepaya sebagai
alat permainan edukatif yang produktif. Sehingga,MAKAN PEPAYA YUK! tidak terlepas dari kegiatan pembelajaran yang
dilaksanakan oleh pendidikPAUD Al Madina baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan
(outdoor).Adapun
penerapannya sebagai berikut:
a.
Prosedur Kegiatan
1)
Pendahuluan
Pendidik melakukan apersepsi berupa uraianrasa syukur
akan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Anak – anak diajak
untuk berfikir bersama tentang manfaat dan kegunaan media yang akan kita
pelajari bersama saat akan melaksanakan observasi.
2)
Pencarian


3)
Pengamatan
Setelah anak usia dini menemukan bahan yang akan
digunakan sebagai alat permainan edukatif, maka pendidik menginstruksikan
kepada anak usia dini untuk mengamati obyek yang telah ditemukan.
4)
Ajukan Pertanyaan

Ketika pengamatan berlangsung, pendidik dan anak usia dini saling berkomunikasi
dan berinteraksi sehingga akan muncul pertanyaan dari anak usia dini maupun
pendidik.
Setelah melakukan runtutan sesuai yang
tertera di atas, kegiatan yang dilakukan selanjutnya adalah “mengamalkan”. Kegiatan itu berupa
kegiatan penerapan yang telah direncanakan oleh pendidik atau disepakati bersama
saat melakukan observasi. Dalam hal ini, penulis akan mengangkat kegiatan
berupa pemanfaatan pohon pepaya sebagai alat permainan edukatif yang produktif.
VeeCake - The Videoodl - IGC
ReplyDeleteVeeCake - youtube to mp3 downloader The Videoodl - IGC: Video of the Day. Watch videos of the day on VeeCake, the world's best animated videos and videos of the day.