BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Anak usia dini merupakan anak yang berada dalam
proses perkembangan dan pertumbuhan dalam berbagai aspek. Sehingga, proses
pertumbuhan dan perkembangan itu perlu diarahkan pada peletakan dasar-dasar
yang tepat. Peletakan dasar itu meliputi pendidikan dan pembelajaran yang mampu
mengarahkan pada pertumbuhan dan perkembangan fisik, daya pikir, daya cipta,
sosial, komunikasi dan pembentukan karakter anak usia dini.
Karena dunia anak adalah dunia bermain, maka dalam
memberikan pendidikan dan pembelajaran kepada anak usia dini haruslah
menggunakan metode yang tepat. Salah satunya adalah metode belajar sambil
bermain. Dalam menyampaikan metode tersebut, tentunya tidak terlepas dengan
adanya media dan alat permainan edukatif (APE). Namun, saat ini banyak pendidik yang lebih suka membeli APE
tanpa adanya kreativitas hasil tangan sendiri. Padahal APE yang ada di
toko-toko dan tersebar di pasaranbelum tentu tepat untuk anak usia dini. Tidak
sedikit pula APE yang terbuat dari bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan
kesehatan anak. Selain itu, harga APE juga relatif mahal meskipun mudah
didapatkan. Oleh karena itu, harus ada solusi untuk menghadapi itu semua.
Solusi yang dapat kita lakukan adalah dengan membuat
APE dari hasil karya tangan sendiri. Yaitu APE yang aman dan tepat guna untuk
anak usia dini. APE itu juga harus mudah didapatkan dilingkungan sekitar tanpa
harus membayar mahal. Seperti yang kita ketahui, alam sekitar banyak mengandung
alat permainan edukatif yang sangat
syarat dengan muatan lokal. Kita dapat memanfaatkannya sebagai alat permainan
edukatif produktif yang mampu merangsang aspek perkembangan anak meliputi
kognitif, afektif, psikomotorik, bahasa, dan spiritual.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka
penulis mencoba membuat karya nyata dengan judul “MAKAN PEPAYA YUK!” yaitu berisi tentang pemanfaatan kekayaan alam sebagai alat permainan edukatif
melalui pencarian, pengamatan, ajukan pertanyaan dan amalkan. Dalam hal ini penulis mengangkat
pohon pepaya sebagai APE yang produktif. Dengan harapan, bisa memberikan dampak
yang positifbagipendidikandan pembelajaran untuk anakusiadini.
B.
Masalah
dan Tujuan
1.
Masalah
a.
Apa yang dimaksudMAKANPEPAYA YUK!danbagaimanapenerapannyadi
PAUD Al MadinaWonosobo?
b.
Apadampak yang dihasilkandalammenerapkanMAKANPEPAYA
YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo?
c.
Kendala-kendalaapasaja yang
dihadapidalammenerapkanMAKANPEPAYA YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo?
d.
Faktorapasaja yang mendukungpenerapanMAKANPEPAYA
YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo?
e.
Bagaimanatindaklanjut yang harusdilakukandalammenerapkanMAKANPEPAYA
YUK!untukmeningkatkanmutupembelajaran?
2.
Tujuan
a.
MengetahuimaksuddanpenerapanMAKANPEPAYA
YUKdi PAUD Al MadinaWonosobo
b.
Mengetahuidampak yang dihasilkandalammenerapkanMAKANPEPAYA
YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo
c.
Mengetahuikendala-kendalayang dihadapidalammenerapkanMAKANPEPAYA
YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo
d.
Mengetahuifaktor yang mendukungpenerapanMAKANPEPAYA
YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo
e.
Mengetahuitindaklanjut yang harusdilakukandalammenerapkanMAKANPEPAYA
YUK!untukmeningkatkanmutupembelajaran?
C.
Strategi
Pemecahan Masalah
1.
Alasan Strategi
Pemecahan Masalah
MAKAN PEPAYAYUK!adalah kepanjangan dari manfaatkan kekayaan
alam sebagai alat permainan edukatif melalui pencarian, pengamatan, ajukan
pertanyaan dan amalkan.Sedangkan kata “yuk” adalah ajakan kepada pendidik untuk
melaksanakan dan memanfaatkan kekayaan alam sebagai alat permainan edukatif
yang syarat akan muatan lokal. Dalam penerapannya, pendidik dan peserta didik melakukan
observasi langsung terhadap obyek yang akan dikaji. Sehingga pembelajaran yang
diterapkan pun sangat menyenangkan. Peserta didik akan mengamati obyek secara
detail dan teliti sehingga akan muncul pertanyaan terhadap hal yang belum
diketahuinya. Hal-hal yang belum diketahui oleh peserta didik selanjutnya akan
dijawab dan diterangkan oleh pendidik. Dalam menjawab, pendidik harus bisa
menjelaskan dengan bahasa yang sederhana sesuai dengan penalaran anakusia dini.
Dalam pembuatan karya nyata ini penulis menggunakan pohon pepaya sebagai bahan
dasar dalam pembuatan alat permainan edukatif yang sarat akan nilai-nilai
lokal. Pohon pepaya merupakan pohon yang mudah kita jumpai dan kita temukan. Pohon
pepaya merupakan tumbuhan yang mudah hidup di daerah manapun, baik di dataran
rendah maupun didataran tinggi sekalipun. Pohon pepaya memiliki bagian-bagian
pohon yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Namun dalam hal ini
penulis akan memanfaatkan sebagai bahan alat permainan edukatif yang produktif
dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran sehingga dapat merangsang kemampuan bahasa,
kosa kata, dan logika anak usia dini.
2.
StrategiPemecahanmasalah
Dalam menerapkan MAKAN PEPAYA YUK! kepada anak usia dini dibutuhkan strategi.
Sehingga pembelajaran melalui pendekatan saintifik itu dapat berjalan dengan
lancar. Seperti yang kita ketahui, rasa ingin tahu anak usia dini akan
selalu muncul seiring dengan tahap perkembangannya.Ia akan selalu menanyakan
hal-hal yang belum diketahuinya. Sehingga untuk menjawabnya, pendidik harus
bisa memberikan fasilitas yang tepat terhadap pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan.
Anak usia dini biasanya selalu
menanyakan apapun yang dilihat dan belum diketahuinya. Sebagai orang dewasa
kita harus berlaku bijak dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan itu meskipun terjadi
berulang-ulang. Pembelajaran melalui pendekatan saintifik mengharuskan pendidik
untuk membawa mereka ke alam terbuka. Sebab dalam suasana itulah, anak akan
belajar mencari, mengamati, dan menanyakan hal-hal yang belum diketahuinya. Sehingga,
ketika anak usia diniakan praktik dan melaksanakan kegiatan pun ia akan dengan
mudah melakukannya.
Find a slot machine with no paypal - Dr.MCD
ReplyDeleteFind a slot machine with no paypal. Find a slot machine with no 구미 출장안마 paypal. Search for slot 논산 출장안마 machines with 김제 출장샵 no paypal 구리 출장안마 at Dr.MCD. Find the best slot machine 강원도 출장마사지 deals.