Friday, April 10, 2020

KARYA NYATA PENDIDIK PAUD : Pembuatan Alat Permainan Edukatif Melalui Pendekatan Saintifik (BAGIAN 1)


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Anak usia dini merupakan anak yang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan dalam berbagai aspek. Sehingga, proses pertumbuhan dan perkembangan itu perlu diarahkan pada peletakan dasar-dasar yang tepat. Peletakan dasar itu meliputi pendidikan dan pembelajaran yang mampu mengarahkan pada pertumbuhan dan perkembangan fisik, daya pikir, daya cipta, sosial, komunikasi dan pembentukan karakter anak usia dini.
Karena dunia anak adalah dunia bermain, maka dalam memberikan pendidikan dan pembelajaran kepada anak usia dini haruslah menggunakan metode yang tepat. Salah satunya adalah metode belajar sambil bermain. Dalam menyampaikan metode tersebut, tentunya tidak terlepas dengan adanya media dan alat permainan edukatif (APE). Namun, saat ini  banyak pendidik yang lebih suka membeli APE tanpa adanya kreativitas hasil tangan sendiri. Padahal APE yang ada di toko-toko dan tersebar di pasaranbelum tentu tepat untuk anak usia dini. Tidak sedikit pula APE yang terbuat dari bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan anak. Selain itu, harga APE juga relatif mahal meskipun mudah didapatkan. Oleh karena itu, harus ada solusi untuk menghadapi itu semua.
Solusi yang dapat kita lakukan adalah dengan membuat APE dari hasil karya tangan sendiri. Yaitu APE yang aman dan tepat guna untuk anak usia dini. APE itu juga harus mudah didapatkan dilingkungan sekitar tanpa harus membayar mahal. Seperti yang kita ketahui, alam sekitar banyak mengandung alat permainan edukatif  yang sangat syarat dengan muatan lokal. Kita dapat memanfaatkannya sebagai alat permainan edukatif produktif yang mampu merangsang aspek perkembangan anak meliputi kognitif, afektif, psikomotorik, bahasa, dan spiritual.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis mencoba membuat karya nyata dengan judul “MAKAN PEPAYA YUK!” yaitu berisi tentang pemanfaatan kekayaan alam sebagai alat permainan edukatif melalui pencarian, pengamatan, ajukan pertanyaan dan amalkan. Dalam hal ini penulis mengangkat pohon pepaya sebagai APE yang produktif. Dengan harapan, bisa memberikan dampak yang positifbagipendidikandan pembelajaran untuk anakusiadini.

B.       Masalah dan Tujuan
1.      Masalah
a.       Apa yang dimaksudMAKANPEPAYA YUK!danbagaimanapenerapannyadi PAUD Al MadinaWonosobo?
b.      Apadampak yang dihasilkandalammenerapkanMAKANPEPAYA YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo?
c.       Kendala-kendalaapasaja yang dihadapidalammenerapkanMAKANPEPAYA YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo?
d.      Faktorapasaja yang mendukungpenerapanMAKANPEPAYA YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo?
e.       Bagaimanatindaklanjut yang harusdilakukandalammenerapkanMAKANPEPAYA YUK!untukmeningkatkanmutupembelajaran?
2.      Tujuan
a.       MengetahuimaksuddanpenerapanMAKANPEPAYA YUKdi PAUD Al MadinaWonosobo
b.      Mengetahuidampak yang dihasilkandalammenerapkanMAKANPEPAYA YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo
c.       Mengetahuikendala-kendalayang dihadapidalammenerapkanMAKANPEPAYA YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo
d.      Mengetahuifaktor yang mendukungpenerapanMAKANPEPAYA YUK!di PAUD Al MadinaWonosobo
e.       Mengetahuitindaklanjut yang harusdilakukandalammenerapkanMAKANPEPAYA YUK!untukmeningkatkanmutupembelajaran?
C.      Strategi Pemecahan Masalah
1.      Alasan Strategi Pemecahan Masalah
MAKAN PEPAYAYUK!adalah kepanjangan dari manfaatkan kekayaan alam sebagai alat permainan edukatif melalui pencarian, pengamatan, ajukan pertanyaan dan amalkan.Sedangkan kata “yuk” adalah ajakan kepada pendidik untuk melaksanakan dan memanfaatkan kekayaan alam sebagai alat permainan edukatif yang syarat akan muatan lokal. Dalam penerapannya, pendidik dan peserta didik melakukan observasi langsung terhadap obyek yang akan dikaji. Sehingga pembelajaran yang diterapkan pun sangat menyenangkan. Peserta didik akan mengamati obyek secara detail dan teliti sehingga akan muncul pertanyaan terhadap hal yang belum diketahuinya. Hal-hal yang belum diketahui oleh peserta didik selanjutnya akan dijawab dan diterangkan oleh pendidik. Dalam menjawab, pendidik harus bisa menjelaskan dengan bahasa yang sederhana sesuai dengan penalaran anakusia dini. Dalam pembuatan karya nyata ini penulis menggunakan pohon pepaya sebagai bahan dasar dalam pembuatan alat permainan edukatif yang sarat akan nilai-nilai lokal. Pohon pepaya merupakan pohon yang mudah kita jumpai dan kita temukan. Pohon pepaya merupakan tumbuhan yang mudah hidup di daerah manapun, baik di dataran rendah maupun didataran tinggi sekalipun. Pohon pepaya memiliki bagian-bagian pohon yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Namun dalam hal ini penulis akan memanfaatkan sebagai bahan alat permainan edukatif yang produktif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran sehingga dapat merangsang kemampuan bahasa, kosa kata, dan logika anak usia dini.

2.         StrategiPemecahanmasalah
Dalam menerapkan MAKAN PEPAYA YUK! kepada anak usia dini dibutuhkan strategi. Sehingga pembelajaran melalui pendekatan saintifik itu dapat berjalan dengan lancar. Seperti yang kita ketahui, rasa ingin tahu anak usia dini akan selalu muncul seiring dengan tahap perkembangannya.Ia akan selalu menanyakan hal-hal yang belum diketahuinya. Sehingga untuk menjawabnya, pendidik harus bisa memberikan fasilitas yang tepat terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
Anak usia dini biasanya selalu menanyakan apapun yang dilihat dan belum diketahuinya. Sebagai orang dewasa kita harus berlaku bijak dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan itu meskipun terjadi berulang-ulang. Pembelajaran melalui pendekatan saintifik mengharuskan pendidik untuk membawa mereka ke alam terbuka. Sebab dalam suasana itulah, anak akan belajar mencari, mengamati, dan menanyakan hal-hal yang belum diketahuinya. Sehingga, ketika anak usia diniakan praktik dan melaksanakan kegiatan pun ia akan dengan mudah melakukannya.

1 comment:

  1. Find a slot machine with no paypal - Dr.MCD
    Find a slot machine with no paypal. Find a slot machine with no 구미 출장안마 paypal. Search for slot 논산 출장안마 machines with 김제 출장샵 no paypal 구리 출장안마 at Dr.MCD. Find the best slot machine 강원도 출장마사지 deals.

    ReplyDelete

Pemilihan Presiden 2024

 Saat ini sedang gencar pemilihan presiden 2024. Ketiga pasangan calon telah menyelesaikan debat terakhirnya. Siapa yang akan anda pilih?